Sukses

Jokowi Tinjau Bendung Ngawi

Jokowi menargetkan perbaikan bendung ini rampung paling lama 2 minggu dan dapat segera difungsikan oleh petani setempat.

Liputan6.com, Ngawi - Presiden Jokowi mengunjungi Desa Legundi, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur untuk melihat perbaikan Bendung Budengan yang saat ini sedang diperbaiki oleh petani dan anggota TNI. Perbaikan bendung ini merupakan bagian dari program pemerintah yang menargetkan swasembada beras pada 2018 mendatang.

Jokowi menargetkan perbaikan bendung ini rampung paling lama 2 minggu dan dapat segera difungsikan oleh petani setempat.

"Kedatangan kami ini untuk melihat beberapa bendungan yang perlu direhab. Karena bendungan yang direhab ini yang sebetulnya paling cepat menghasilkan air sampai ke sawah," ujar Jokowi di lokasi, Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (31/1/2015).

Menurut Jokowi, untuk bisa mencapai target sebagai negara swasembada beras, maka hasil panen petani harus ditingkatkan. Dan karena itu harus didukung oleh infrastruktur yang memadai, seperti bendungan untuk mengairi sawah.

"Ini yang harus kita kejar karena kita memang mengejar target," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Khusus untuk wilayah Ngawi, sambung dia, pemerintah akan membangun 16 bendungan untuk saluran irigasi persawahan petani. Proyek ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, yang juga dibantu dari satuan TNI.

"Yang gini-gini juga perlu dikejar sehingga identifikasi di mana ada bendungan-bendungan yang perlu dikeruk, diperbaiki itu air bisa segera masuk ke sawah," ujar dia.

"Semakin banyak bendungan yang direhab, traktor, dan pompa air yang diberikan ke petani, waduk yang segera dibangun itu lebih baik," pungkas Jokowi. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini