Sukses

Kuburan Pink Bayi di Inggris Menuai Protes

"Kami hanya mencoba untuk membuat kuburan pink itu seperti kamarnya, hanya itu yang kami bisa lakukan," jelas Beadle.

Liputan6.com, Oxford - Duka tengah menyelimuti seorang ibu di Oxford, Inggris ini. Jabang bayi yang belum dilahirkannya meninggal dunia.

Untuk menghibur diri, wanita bernama Jade Beadle membuat makam buah hatinya di Pemakaman Kidlington berbeda dari yang lain. Berwarna pink cerah, ditaburi kerikil berwarna serupa serta dihiasi mainan dan foto si kecil. Bahkan di sekelilingnya dilindungi pagar kayu.

Namun ia semakin sedih karena keberadaan makam bayinya yang meninggal setelah 39 minggu kehamilan pada Agustus lalu, menuai protes. Sepucuk surat dari Kepala Dewan Desa Kidlington -- tempatnya tinggal -- dilayangkan kepadanya.

Berisi pemberitahuan bahwa makam putrinya melanggar peraturan, karena tak sesuai dengan kebiasaan di kawasan tersebut. Pernak-pernik yang ditempatkan di atasnya yang menjadi permasalahan.

"Makam pink ini tidak memiliki lentera, sehingga tidak ada cahaya yang mengganggu siapa pun. Tak juga memiliki lonceng yang berbunyi saat tertiup angin, sehingga tidak ada suara yang mengganggu," jelas Beadle seperti dimuat Daily Mail, Sabtu (31/1/2015).

"Sejauh yang saya tahu tidak ada keluhan dari siapa pun tentang makam putriku," tambah wanita yang bekerja di supermarket itu.

"Ini hanya sebuah kuburan kecil merah muda untuk seorang gadis kecil, dan saya pikir mereka tahu bayi perempuan kecil memiliki kamar penuh boneka dan dinding serta tirai di kamarnya berwarna merah muda atau pink".

"Kami hanya mencoba untuk membuat kuburan itu seperti kamarnya, hanya itu yang kami bisa lakukan, jelas Beadle.

Beadle pun diberi batas waktu hingga Sabtu ini untuk membersihkan segala sesuatu kecuali batu nisan. Jika tak dipatuhi, sebuah tim akan dikerahkan untuk membersihkan makam tersebut. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.