Sukses

Pagar Besi Rumah Aung San Suu Kyi Dijual Rp 2 M

Sejauh ini belum diketahui pasti apakah Suu Kyi sendiri sudah memberikan izin atas rencana penjualan pagar bersejarah tersebut.

Liputan6.com, Naypyidaw - Pagar besi dari rumah tempat pemimpin oposisi Burma, Aung San Suu Kyi, akan dijual. Benda tersebut berada di militer Burma selama bertahun-tahun.

"Harga yang diminta untuk pintu pagar itu mencapai US$200.000 atau sekitar Rp 2 miliar," kata seorang anggota terkemuka dari partai politik pimpinan Suu Kyi, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (31/1/2015).

Pagar tersebut bercat merah dan kuning dengan jeruji di atasnya dan ditempeli nomor rumah yang terbuat dari keramik tua.

Uang hasil penjualan pagar rencananya akan dipakai untuk membangun kantor baru bagi partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi.

Selama 15 tahun dikurung di rumahnya sendiri di Jalan Universitas no. 54, Yangoon, Suu Kyi sering kali berpidato kepada para pendukungnya dari belakang pagar rumahnya.

Namun belum jelas apakah Suu Kyi sendiri sudah memberikan izin atas rencana penjualan pagar bersejarah tersebut.

Syu Kyi dianugerahi Hadiah Nobel untuk Perdamaian pada tahun 1991. Ia dibebaskan dari tahanan rumah pada bulan November 2010, dan sejak itu pagar baru dipasang menggantikan pagar yang kini akan dijual. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini