Sukses

BG Mangkir Pemeriksaan KPK, Pimpinan DPR Konsultasi dengan Jokowi

Setya enggan berspekulasi terkait isu adanya pergantian calon Kapolri baru dari Presiden Jokowi yang isunya semakin santer.

Liputan6.com, Jakarta - Calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan mangkir dari panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dijadwalkan hari ini. Terkait hal itu, pimpinan DPR akan menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi guna membahas sikap Budi Gunawan.

"Kita sabar menunggu apa yang akan dilakukan. Nanti Senin akan ada konsultasi antara pimpinan DPR dan Presiden. Nanti coba akan ditindaklanjuti soal itu," kata Ketua DPR Setya Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (30/1/2015).

Selain itu, politisi Partai Golkar itu menambahkan, pihaknya akan mencari tahu kenapa jenderal polisi berbintang 3 yang masih menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian itu bersikeras menolak untuk diperiksa KPK.

"Kita lihat, karena saya sendiri belum lihat. Nanti saya coba cek dari Komisi III apakah sudah dipatuhi panggilan KPK itu dan alasannya apa," ujar dia.

Setya menegaskan, pihaknya enggan berspekulasi terkait isu adanya pergantian calon Kapolri baru dari Presiden Jokowi yang isunya semakin santer. Menurutnya, soal adanya nama baru yang akan diajukan merupakan hak prerogatif Presiden.

"Iya sampai sekarang belum ada. Belum diajukan, kita sabar, kita tunggu. Kan itu hak prerogatif Presiden," tandas Setya Novanto. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

Video Terkini