Sukses

Uang Bayaran Mobil Masuk Busway Dimanfaatkan Ahok untuk Apa?

Gubernur DKI Jakarta Ahok mengizinkan mobil-mobil pribadi untuk melintasi jalur bus Transjakarta (busway).

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil pribadi kini dilegalkan untuk melintasi jalur bus Transjakarta (busway). Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengizinkan mobil masuk busway, tapi harus membayar melalui mekanisme jalan berbayar atau electronic road price (ERP).

Ahok mengatakan, uang hasil pembayaran itu nantinya akan diserahkan ke PT Transjakarta untuk membeli bus tingkat gratis bagi masyarakat.

"Jadi apakah buat orang kaya? Enggak dong, kalau kamu merasa kaya kamu pelit, kamu naik bus tingkat gratis di sini. Kalau kamu merasa nggak, meskipun bokek, tapi mau cepat, ya bayar. Jadi bukan mempersoalkan miskin-kaya," ucap Ahok di Balaikota, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Ahok menjelaskan, mekanisme ini akan diterapkan pada koridor-koridor Transjakarta yang sudah baik infrastrukturnya. Koridor itu nantinya juga bakal diisi oleh 25 unit bus Scania yang akan didatangkan pada Juni 2015.

"Bus yang bagus kita kan taruh di jalur ini, termasuk jalan kita ada salah satu perusahaan semen dia sudah datangkan yang infrared, kita akan uji coba jadi kalau semen jalan pun kita gunakan infrared agar jalan nggak ada gelombang, kita nggak mau orang naik bus naik mobil di Jakarta loncat-loncat," lanjut Ahok.

Ahok menjelaskan, segala infrastruktur yang akan menunjang kebijakan itu sedang disiapkan. Termasuk, perhitungan untuk operasional bus tingkat gratis.

"Kita bisa hitung, sehingga pemakaian jalan betul-betul efesien dan efektif, duitnya ke mana? Duitnya menjadi tugas PT Transportasi Jakarta menyediakan bus tingkat gratis setiap 10 menit, jadi ini menolong orang," tandas Ahok. (Ndy/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Busway