Sukses

Kompolnas Rekomendasikan Jokowi Tak Lantik Budi Gunawan

Kompolnas merekomendasikan agar Presiden Joko Widodo tidak melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrianus Meliala mengungkapkan pihaknya merekomendasikan agar Presiden Joko Widodo tidak melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. ‎Rekomendasi tersebut telah disampaikan Kompolnas dalam pertemuan tertutup di Istana Negara.

"Highly recomended (sangat direkomendasikan) ya tidak melantik,‎" ujar Adrianu‎s, Kamis (29/1/2014).

Namun demikian, Adrianus mengatakan, pihaknya tidak hanya memberi rekomendasi tersebut. Ia mengaku memberi opsi-opsi lain kepada Presiden Jokowi dan apa saja dampak serta akibat yang akan diambil dari masing-masing opsi.

‎‎"Kami lebih pada memberikan opsi plus pertimbangan. Kami nggak mau partisan, kami juga nggak mau disebut membela KPK atau membela Polri, dari semua opsi yang ada kami memberikan pertimbangan, kalau milih opsi ini, untungnya ini, ruginya ini," ungkap dia.

Presiden Jokowi, lanjut dia, hingga saat ini masih mengambil sikap untuk menunggu proses praperadilan yang diajukan Budi Gunawan. Menurut dia, Presiden Jokowi sudah sangat yakin dengan sikap menunggu hasil proses praperadilan tersebut.

"Beliau amat mengerti beliau mencari konfirmasi, jadi beliau tidak mencari ide baru. Kalau kita lihat sih beliau nggak gamang, beliau sudah punya position. Kan ada saran dari tim, kalau tim kan hanya tim kalau kami kan jelas pembantu presiden. Gradasinya mungkin beda-beda ya," tukas Adrianus. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.