Sukses

Bom Bunuh Diri Meledak di Pemakaman Afghanistan, 12 Pelayat Tewas

Sebuah acara pemakaman di Afghanistan dilanda kepanikan luar biasa. Sebab terjadi ledakan saat para pelayat tengah berkumpul di makam.

Liputan6.com, Kabul - Sebuah acara pemakaman di Afghanistan dilanda kepanikan luar biasa. Sebab terjadi ledakan saat para pelayat tengah berkumpul di makam.

"Setidaknya 12 orang tewas dalam serangan bunuh diri di sebuah pemakaman di Afghanistan timur," kata para pejabat seperti dimuat BBC, Jumat (30/1/2015).

Banyak juga yang terluka dalam upacara pemakaman akibat serangan yang diduga berasal dari kelompok  militan.

Pembom di pemakaman di Provinsi Mehtar Lam berbaur dengan teman-teman dan kerabat dari petugas polisi dan tiga orang lain yang tewas sebelumnya akibat ledakan bom di pinggir jalan.

Setelah itu, ia beraksi meledakkan bom di area pemakaman dan 12 tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Juru bicara pemerintah Laghman Sarhadi Zwak mengatakan empat polisi termasuk di antara mereka yang tewas. "Sekitar 39 orang lainnya terluka dalam ledakan itu," urai Zwak.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggungjawab dalam serangan bom bunuh diri di provinsi Laghman. Sementara para pejabat menyalahkan serangan itu kepada Taliban, yang melakukan serangan sebelumnya.

Pasukan NATO menarik diri dari Afghanistan pada bulan Desember, namun serangan-serangan mematikan terus terjadi di seluruh negeri. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini