Sukses

KNKT: AirAsia QZ8501 Terbang dalam Kondisi Baik dan Layak

Seluruh awak pesawat dalam keadaan baik. Seluruh lisensi yang dimiliki 7 awak pesawat masih berlaku dan layak terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Tim investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah menyelesaikan laporan faktual kasus Airasia QZ8501 berdasarkan data yang telah didapat sampai saat ini.

Dalam temuannya, Tim investigasi memastikan pesawat dalam keadaan baik saat lepas landas dari Bandara Juanda menuju Singapura.

"Pesawat dalam kondisi layak terbang sebelum kejadian. Dan dioperasikan dalam batas berat dan keimbangan," jelas Ketua Tim Investigasi Mardjono Siswosuwarno, di Kantor KNKT, Kamis (29/1/2015).

Tak hanya itu, Mardjono menjelaskan, seluruh awak pesawat dalam keadaan baik. Seluruh lisensi yang dimiliki 7 awak pesawat masih berlaku dan layak terbang.

"Semua awak pesawat mempunyai lisensi yang berlaku dan demikian juga sertifikat kesehatan yang berlaku," jelas dia.

Pesawat AirAsia yang berangkat dari Bandara Internasional Juanda pada Minggu 28 Desember 2014, pukul 05.20 WIB, itu seharusnya tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura pukul 08.30 WIB. Namun hilang kontak pada pukul 06.17 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.