Sukses

Tiba di Ombudsman, Bambang Widjajanto Sebut Banyak yang Tak Waras

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto tiba di Gedung Ombudsman tepat pukul 11.54 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mendatangi kantor Ombudsman hari ini. Kedatangannya disambut Ketua Ombudsman, Danang Girindrawardana.

Saat ditanya maksud kedatangannya, Bambang hanya menjawab singkat. "Maaf ya sudah telat ini bos. Nanti saja," ujar Bambang di Gedung Ombudsman, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dia kemudian melontarkan sindiran, "saya sehat dan waras. Banyak yang sehat tapi nggak waras." Entah ditujukan ke siapa sindiran itu.

Anggota Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan, Budi Santoso menandaskan, pertemuannya dengan Bambang akan berlangsung tertutup. "Saya sudah berkomitmen dengan Pak Bambang, bahwa laporan ini akan berlangsung 30 menit dan secara tertutup," ujar Budi.

Bambang mendatangi Ombudsman setelah sebelumnya pada Jumat 23 Januari 2015, diditangkap oleh Bareskrim Polri. Penangkapan itu, kata Bareskrim Polri, terkait kasus dugaan Bambang telah menyuruh memberikan keterangan palsu saat sidang sengketa pilkada Kotawaringin Barat di Mahkamah Konstitusi 2010 lalu. Karena kasus ini, Bambang ditetapkan sebagai tersangka.

Penangkapan Bambang memicu gelombang protes masyarakat terhadap Polri. Pada Sabtu 24 Januari 2015 dini hari, Polri pun kemudian membebaskan Bambang.

Menurut Bambang, penangkapannya banyak cacat prosedur dan terasa janggal. Karena itu dia melapor ke Komnas HAM, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), dan hari ini ke Ombudsman. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.