Sukses

Pulau Enggano Bengkulu Disiapkan Sebagai Pengganti Nusakambangan

Liputan6.com, Bengkulu - Pemerintah Kabupaten Bengkulu tengah menyiapkan salah satu pulau terluar, Pantai Barat Sumatra yang berada di Perairan Samudra Hindia. Yaitu Pulau Enggano, untuk dijadikan lokasi penjara seperti Pulau Nusakambangan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Bupati Bengkulu Utara Imron Rosyadi mengatakan, posisi Enggano yang berada sangat jauh di tengah samudra sangat memungkinkan jika dijadikan penjara bagi para penjahat kelas kakap.

"Sangat cocok untuk lokasi pengganti Pulau Nusakambangan, Enggano bahkan lebih strategis, di sana juga sudah ada pelabuhan laut dan bandara perintis untuk sarana transportasi," ujar Imron di Bengkulu, Rabu (28/1/2015).

Letak Pulau Enggano yang sangat jauh di tengah samudra dan dekat dengan Australia, kata Imron, membuat orang sering salah sangka. Mereka mengira itu Pulau Chrismast yang sering dijadikan tempat para pencari suaka.

Enggano sendiri tercatat sebagai Pulau terluar Indonesia bagian barat dengan wilayah seluas 400,6 kilometer persegi berada pada koordinat 05°.23'21" lintang selatan, 102° 24'40" bujur timur.

Enggano secara administratif merupakan satu kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara dan memiliki 6 desa, yaitu Bajarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana dan Kahyapu dengan jumlah penduduk lebih dari 600 kepala keluarga.

Jarak tempuh ke Pulau Enggano dari pusat Kota Bengkulu sejauh 90 mil laut atau 156 kilometer. Sedangkan jarak terdekat dengan Kota Manna, Bengkulu Selatan sejauh 96 kilometer atau 60 mil laut.

Menurut Imron, kondisi para narapidana dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Arga Makmur Bengkulu Utara saat ini sudah sangat mengkhawatirkan dan melebihi kapasitas.

Sebab di LP tersebut menampung para napi dan tahanan di 3 kabupaten, selain Bengkulu Utara juga datang dari Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Tengah. Keduanya adalah kabupaten pemekaran dari Bengkulu Utara yang sudah 11 tahun dimekarkan dan belum memiliki LP.

"Kondisi ini harus segera dicarikan solusinya, tawaran kami kepada pemerintah pusat, bangun saja LP di Pulau Enggano seperti di Nusakambangan itu," pungkas Imron. (Rmn)

Artikel Selanjutnya
Serbuan Kera Dari Lereng Merapi
Artikel Selanjutnya
Sistem Buka Tutup Buat Jalur Nagreg Tak Alami Kemacetan