Sukses

Kulit Ikan Nila Bakal Jadi Barang Mewah

Kerja sama dengan Pemerintah Spanyol, pemerintah Indonesia mengkaji ulang program pembangunan kapal ikan Mina Jaya pada dekade 1990-an.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja sama kemaritiman Indonesia-Spanyol dan Indonesia-Italia di bidang kepelabuhanan, perkapalan, dan galangan kapal segera ditingkatkan.

Demikian hasil pokok pertemuan antara Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo dengan Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Franciso Jose Viqueira Niel dan Duta besar Italia untuk Indonesia, Federico Failla di Kantor Kemenko Kemaritiman dalam keterangan tertulis, Rabu kemarin 28 Januari.

Dalam pertemuan dengan Duta Besar Italia untuk Indonesia, Federico Failla, Indroyono menginformasikan tentang keikutsertaan Indonesia dalam World Expo Milan, Italia 2015 pada Mei Oktober 2015.

Disampaikan pula kepada Duta Besar Italia, Indonesia akan mengirimkan kapal perang TNI-AL yang ditumpangi para taruna Akademi Angkatan Laut, taruna Sekolah Tinggi Pelayaran dan Taruna Sekolah Tinggi Perikanan, untuk berpartisipasi dalam World Ocean Day di Expo Milan 2015 pada 8 Juni 2015.

Di bidang pengolahan hasil perikanan, Indonesia dan Italia akan kerja sama dalam pemanfaatan kulit ikan nila untuk pembuatan sepatu, tas, dompet dan sabuk khas Italia, guna meningkatkan usaha kecil dan menengah di Tanah Air.

Sementara terkait kerja sama dengan Pemerintah Spanyol, beberapa program kerja sama segera diinventarisasi, termasuk mengkaji ulang program pembangunan kapal ikan Mina Jaya pada dekade 1990-an lalu.

Pada dekade terakhir, kerja sama pembangunan kapal antara Indonesia-Spanyol terus berlangsung, di antaranya pembangunan kapal latih perikanan untuk Sekolah Tinggi Perikanan dan pembangunan kapal layar tiang tinggi pengganti kapal layar KRI Dewaruci, sebagai kapal latih Taruna Akademi Angkatan Laut TNI AL.

Tim lintas kementerian dari Indonesia telah dikirim ke Spanyol guna studi banding ke galangan kapal Rodman di Vigo, Spanyol, sekaligus menyiapkan kedatangan 4 kapal patroli untuk memperkuat Badan Keamanan Laut RI (Bakamla).

Diharapkan akan ada investasi pembangunan galangan kapal oleh Spanyol di Indonesia, utamanya di Kuala Tanjung, Sumatera Utara, Sorong, dan Papua. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini