Sukses

Ketua Tim 9: Budi Gunawan Jadi Kapolri Bukan Kemauan Jokowi

Ketua tim independen Syafii Maarif mengatakan, orang yang mengusulkan Budi Gunawan jadi kapolri sudah menjadi rahasia umum saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua tim independen bentukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Syafii Maarif mengungkapkan, penunjukan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon kapolri ternyata bukan atas kemauan Presiden Jokowi.

Menurut mantan ketua umum PP Muhamadiyah itu, ada pihak lain yang mendorong agar presiden mencalonkan Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri.

"‎‎Jujur, itu sebetulnya pengajuan bukan atas inisiatif presiden," ujar Syafii Maarif usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Syafii mengatakan, informasi soal ini memang tidak keluar dari mulut Presiden Jokowi langsung, melainkan dari sumber yang valid dan terpercaya. "Ini benar, saya mendapat informasi yang cukup bagus," ucap pria yang biasa disapa Buya Syafii itu.

Siapa yang mendorong presiden agar mengangkat Budi Gunawan jadi kapolri? Buya Syafii enggan membeberkan. Dia hanya menyebut, orang yang dimaksud sudah menjadi rahasia umum saat ini.

"Kalau bacaan saya, bukan dari presiden, tapi saya tak mau menebut nama. Itu sudah rahasia umum, Anda harus tahu itu. Saya harus jaga hubungan baik dengan orang-orang itu," ucap Buya Syafii.

Sebelumnya Syafii Maarif juga megungkapkan, tim independen secara bulat menyarankan kepada Presiden Jokowi agar tidak melantik Budi Gunawan menjadi kapolri. Presiden juga disarankan segera mencari dan melantik kapolri baru, sehingga tidak ada istilah pelaksana tugas kapolri. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.