Sukses

Ajaib, Pria India Selamat Meski 'Kejatuhan' Pesawat Tempur

Pesawat tempur MiG-27 celaka di Barmer, Rajastan, India, Selasa 27 Januari 2015.

Liputan6.com, Rajastan - Pesawat tempur MiG-27 celaka di Barmer, Rajastan, India, Selasa 27 Januari 2015. Burung besi bernomor register TU 654 hancur setelah menghujam tanah. Puing pecahannya terlontar ke segala penjuru.

Di saat dan lokasi yang sama, Loon Singh sedang mengendarai motor, menyusuri jalanan desa. Sore itu, sekitar pukul 15.00 waktu setempat, pria 26 tahun itu berniat membagikan undangan pernikahannya.

Singh sama sekali tak menyangka, kejutan tak menyenangkan jatuh dari langit. Tak jauh dari tempatnya berada, sebuah pesawat jatuh. Sejumlah puing menimpanya.

Ajaibnya, Singh selamat. Ia 'hanya' mengalami luka bakar ringan dan retak pada tangannya, meski sepeda motornya hangus terbakar.

"Angkatan Udara India mengatakan, pilot pesawat berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum kecelakaan, menggunakan kursi pelontar," demikian Liputan6.com kutip dari NDTV, Rabu (28/1/2015).

Saat kejadian, MIG 27 sedang melakukan penerbangan rutin dari pangkalan udara Jodhpur ke Uttarlai. Angkatan Udara India segera memerintahkan penyelidikan atas kasus tersebut.

Seperti dikutip dari Daily Mail, MiG-27 adalah pesawat penyerang yang aslinya diproduksi dan didesain pada 1970-an oleh Uni Soviet. Meski jadul, jet tempur itu kini masih digunakan di India, Sri Lanka, dan Khazakhstan.

Pada Februari 2010, India menghentikan sementara penerbangan menggunakan MiG-27 pasca kecelakaan di Siliguri, West Bengal.

Angkatan Udara Negeri Hindustan berencana untuk menghentikan penerbangan MiG-27 secara keseluruhan pada 2017. (Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini