Sukses

Obama ke India, Gedung Putih 'Kecolongan'

Pada September 2014, seorang pria bersenjata pisau meloncat pagar Gedung Putih dan memasuki kantor Obama tersebut.

Liputan6.com, New York - Sebuah pesawat tanpa awak berukuran kecil atau lebih dikenal dengan drone, ditemukan anggota badan rahasia di halaman Gedung Putih. Juru bicara Presiden Barack Obama memastikan, penemuan itu tetapi tidak berbahaya.
 
Demikian dilaporkan media Amerika Serikat (AS), seperti dilansir BBC, Selasa (27/1/2015). Obama dan ibu negara saat ini sedang mengunjungi India.

Meski pun Obama dan istri berada di New Delhi, India ketika pesawat ditemukan, anak-anak mereka diduga berada di Washington DC, lapor the New York Times.

Pada konferensi pers di India, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan, "saya tidak memiliki alasan pada saat ini untuk menyatakan keluarga presiden dalam bahaya."

Kendati, Earnest tidak merinci 'alat' yang ditemukan itu. Laporan media AS menyebutkan sebuah pesawat tidak berawak. Memang banyak pesawat sejenis dapat dibeli umum sebagai mainan, berbeda dengan bentuk lebih besar yang dipakai untuk kepentingan militer.

Badan rahasia yang ditugaskan mengamankan presiden AS, Secret Service dikecam karena beberapa kali terjadi keteledoran, yang menyebabkan dilakukan perubahan kepemimpinan organisasi.

Pada September 2014, seorang pria bersenjata pisau meloncat pagar Gedung Putih dan memasuki kantor Obama tersebut. Beberapa hari sebelumnya seorang pengawal keamanan swasta bersenjata diizinkan berada di dalam lift yang sama dengan presiden. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.