Sukses

Hasto PDIP Ajak Semua Pihak Dinginkan Suasana

Hasto Kristiyanto mengingatkan, mengelola negara besar seperti Indonesia memerlukan cara berpikir, bertindak, dan berucap secara benar.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto berharap semua pihak cooling down atau mendinginkan suasana setelah dirinya mencermati ketegangan politik nasional saat ini agar tidak membuat kegaduhan politik berkepanjangan.

"Kami mengajak semua pihak untuk cooling down. Imbauan ini juga ditujukan kepada internal PDIP. Jangan biarkan isu yang kontradiktif yang dapat mengganggu keutuhan negeri tumbuh kembang. Semua pihak harus bisa menahan diri. Bangsa ini memiliki kearifan dan tradisi musyawarah mufakat. Itu yang harus kita jalankan," kata Hasto‎ kepada Liputan6.com, Senin (26/1/2015) malam.‎

Dia mengingatkan, mengelola negara yang begitu besar seperti Indonesia memerlukan cara berpikir, cara bertindak, dan cara berucap secara benar. Indonesia menurut dia, tidak bisa dipimpin dengan emosional dan serampangan bak anak muda yang baru belajar mengelola kekuasaan.

"Biarlah supremasi hukum yang berbicara dan menegakkan kebenaran di atas kebenaran. Serta menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya," ujar Hasto.

Hal itu dikemukakan Hasto sekaligus menanggapi pernyataan politisi PDIP Effendi Simbolon yang menyampaikan sikap kritisnya terhadap isu pemakzulan Joko Widodo atau Jokowi. Bahkan,‎ Hasto mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Effendi Simbolon dan menegaskan bahwa PDIP tetap menjadi kekuatan penopang pemerintahan Jokowi-JK.

"PDI Perjuangan menyadari bahwa sebagai presiden pilihan rakyat, PDI Perjuangan konsisten memastikan pemerintahan berjalan sesuai dengan kehendak rakyat, yakni lima tahun. Itulah sistem politik yang kita anut," tegas Hasto.

‎Hasto menyebut, PDIP akan terus melakukan dialog, mencari solusi terbaik bersama seluruh komponen bangsa. Namun, pada saat bersamaan tetap menegaskan bahwa Jokowi adalah Presiden yang diusung PDIP yang mendapat dukungan rakyat Indonesia. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini