Sukses

Kejagung Siapkan 6 Jaksa Tangani Perkara Bambang Widjojanto

Tony menyatakan, SPDP dari penyidik Bareskrim Mabes Polri diterima pada Jumat 23 Januari 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Polri mengirim Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus yang menjerat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto. Bambang menjadi tersangka atas dugaan keterangan palsu dalam persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Tony T Spontana mengatakan, SPDP dari penyidik Bareskrim Mabes Polri diterima pada Jumat 23 Januari 2015.

"Kejaksaan secara resmi telah menerima SPDP kasus BW," ujar Tony di Kejagung, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Tony mengatakan, dengan diterimanya surat tersebut, maka seusai prosedur, Kejaksaan akan menunjuk 6 jaksa untuk menangani perkara.

"Sesuai prosedur maka kejaksaan segera menunjuk tim jaksa yang akan menangani perkara tersebut. Akan ditangani Direktorat Keamanan Negara dan Ketertiban Umum," ucap Tony.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap penyidiik Bareskrim Polri pada Jumat 23 Januari 2015 sekitar pukul 07.30 WIB usai mengantar anaknya sekolah. Polri menyatakan, penangkapan Bambang Widjojanto berdasarkan 3 alat bukti, yakni dokumen, keterangan saksi, dan keterangan ahli.

Polri lalu menjerat Bambang Widjojanto dengan Pasal 242 jo pasal 55 KUHP yaitu menyuruh melakukan atau memberikan keterangan palsu di depan sidang pengadilan yaitu sidang MK. Dengan ancaman 7 tahun kurungan penjara. (Mvi/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini