Sukses

Bandara Juanda Diperbaiki 2 Bulan, Puluhan Penerbangan Berubah

Proses perbaikan akan dilakukan selama 2 bulan yang terhitung sejak Minggu 25 Januari 2015.

Liputan6.com, Sidoarjo - Rusaknya runway atau landasan pacu di Bandara Juanda, Surabaya akibat pengaruh cuaca membuat Angkasa Pura I (AP I), selaku pengelola memangkas jam operasional bandara untuk proses perbaikan. Sejumlah penerbangan terpaksa harus mengalami penjadwalan ulang.

Proses perbaikan akan dilakukan selama 2 bulan yang terhitung sejak Minggu malam. Selama perbaikan, penerbangan dari dan ke Bandara Juanda akan dibatasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 22.00 WIB.

"Total ada 27 penerbangan, 4 penerbangan internasional dan sisanya domestik," ujar General Manager AP I Trikora Harjo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/1/2015) malam.

Trikora menjelaskan, kerusakan landasan pacu disebabkan tingginya intensitas hujan dan meningginya air tanah di kawasan bandara Juanda. Sebelumnya hanya menambal-sulam landasan yang mengelupas, dan kali ini pihaknya akan membuat perbaikan besar-besaran.

"Area yang diperbaiki kurang lebih seluas 7.830 meter persegi, yakni lebar 18 meter dan panjang 410 meter. Luas tersebut sekitar 0,8 dari luas runway Bandara Juanda," jelas dia.

Sementara petugas Humas AP I Surya Eka menambahkan, secara rinci 27 penerbangan yang menjadwal ulang penerbangannya antaralain Garuda 4 penerbangan, Batik Air 2 penerbangan, Lion Air 8 penerbangan, Eva Air 2 penerbangan, AirAsia 5 penerbangan, Sriwijaya 2 penerbangan, Citilink 1 penerbangan, dan China Airlines 1 penerbangan. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.