Sukses

Sungai Rokan Meluap, Ratusan Rumah di Rokan Hilir Terendam

Luapan Sungai Rokan merendam 4 kecamatan dan 7 kepenghuluan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Beberapa hari terakhir, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) selalu diguyur hujan lebat. Akibatnya, Sungai Rokan kembali meluap, sehingga airnya merendam 4 kecamatan dan 7 kepenghuluan.

Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Riau melalui Polres Rohil dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah melakukan koordinasi untuk mengevakuasi warga.

Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo setelah menerima laporan dari Kapolres Rohil AKBP Subiantoro menyebutkan, banjir merendam ratusan rumah yang dihuni 917 kepala keluarga (KK) yang mendiami pinggiran Sungai Rokan.

"Kawasan yang terendam banjir yakni Kecamatan Tanah Putih Kepulauan Ujung Tanjung dengan 355 KK, Desa Seremban Jaya Kecamatan Rimba Melintang dengan korban 150 KK," ungkap Guntur di Pekanbaru, Minggu (25/1/2015) malam.

Sementara Kecamatan Rantau Kopar, di antaranya Kepulauan Sekapas ada 15 KK, Cempedak 15 KK dan Desa Sungai Rangau dengan 30 kepala keluarga.

"Kawasan terakhir yakni Kecamatan Bangko Pusako, tepatnya di Desa Bangko Kanan dengan korban 117 KK dan Desa Sungai Manasib dengan 230 KK," tambah Guntur.

Sebagai antisipasi, sebut Guntur, kepolisian dan BPBD sudah melakukan koordinasi. Bagi warga yang terkena dampak banjir, kepolisian dan instansi lainnya sudah memberikan bantuan berupa sembako dan langsung disalurkan ke lokasi banjir.

"Kemudian mendirikan posko penampungan serta melaksanakan kegiatan patroli di sekitar titik banjir, guna menghindari tindakan kriminalitas," pungkas Guntur.

Awal tahun ini, beberapa kawasan di Rokan Hilir juga pernah direndam banjir. Sewaktu itu banjir merendam ribuan rumah akibat melubernya air di Sungai Rokan. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini