Sukses

Wujudkan Poros Maritim, Menteri Marwan Berdayakan Desa Pesisir

Menteri Marwan Jafar mengajak kepada seluruh kementerian untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Liputan6.com, Tangerang - Seluruh desa pesisir di Tanah Air harus mendapatkan perhatian serius. Kendala dan kekurangan yang dihadapi warga desanya juga mesti dipenuhi. Sebab memberdayakan desa pesisir merupakan bagian penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Martim Dunia.

"Bukan hanya Kementerian Desa, semua kementerian terkait harus ikut berdayakan desa pesisir untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/1/2015).

Di Desa Surya Bahari, Tangerang, Banten, Menteri Marwan mendengar berbagai keluhan warga nelayan. Di antaranya pendangkalan kali menuju laut yang menyebabkan mereka kesulitan saat hendak keluar menangkap ikan. Apalagi kapal nelayan jumlahnya terus bertambah.

"Pengerukan kali itu misalnya, merupakan wewenang Kementerian lain. Kita tentu akan berkoordinasi agar semua harus dikerjakan serius dan serba terukur. Kapan pengerukan dimulai, selesai dan seterusnya," tegas Marwan.

Marwan menegaskan pentingnya memberdayakan desa pesisir untuk mewujudkan visi Presiden Jokowi menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Jokowi sendiri pernah menyampaikan lima pilar utama yang diagendakan untuk mewujudkannya. Kelima pilar tersebut adalah membangun kembali budaya maritim Indonesia, menjaga dan mengelola sumber daya laut, memprioritaskan pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, melaksanakan diplomasi maritim, serta membangun kekuatan pertahanan maritim. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini