Sukses

Kim Jong-un Dikabarkan Datang ke Indonesia April Mendatang

Kedatangan salah satu pemimpin paling kontroversial di dunia ini adalah untuk menghadiri Konfrensi Asia Afrika (KAA).

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan akan menyambangi Tanah Air. Kedatangan salah satu pemimpin paling kontroversial di dunia ini adalah untuk menghadiri Konfrensi Asia Afrika (KAA).

Kabar tersebut  disampaikan oleh Kantor Berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap. Mereka menyatakan informasi ini didapat dari sumber resmi Pemerintah Korut.

Jika hal tersebut terwujud, maka Indonesia kembali menjadi saksi sejarah. Pasalnya, sejak berkuasa Desember 2011 lalu, Jong-Un belum pernah melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke luar negeri.

Walau belum pernah melakukan kunjungan kenegeraan, sebelumnya juga pernah adanya rumor kunjungan Kim Jong-un ke Moskow pada Mei 2015. Jong-Un terbang ke Negeri Beruang Merah dalam rangka memperingati 70 tahun relasi negaranya dengan Uni Soviet.

Rencana kunjungan Jong-Un ke Indonesia mendapat dukungan dari pemerintah Korsel. Melalui pernyataan resmi yang dikeluarkan Otoritas Negeri Gingseng, KAA adalah hal yang penting bagi Korut.

"Pertemuan di Bandung akan menjadi jadwal penting bagi diplomasi mereka," sebut pernyataan resmi Korsel, seperti dikutip dari Yonhap, Minggu (25/1/2015).

KAA akan digelar pada 22-23 April. Jakarta akan mendapat kehormatan sebagai tempat pelaksanaan konferensi. Sementara kota kembang Bandung juga mendapat bagian menjadi tempat perayaan 60 KAA.

Bukan pertama kali Korut datang di KAA. Pada 1965 saat KAA memasuki usia 10 tahun pendiri Korut Kim Il Sung, ayah Kim Jong-il sekaligus kakek Kim Jong-un, datang ke perayaan bersejarah tersebut. (Ger/Riz)

 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini