Sukses

Rektor Se-Indonesia Siap Dukung Pembangunan Maritim

Dukungan ini dalam rangka mewujudkan visi Presiden Jokowi membawa Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia.

Liputan6.com, Medan - Sekitar 1.000 peserta Konvensi XI Forum Rektor Indonesia (FRI) menyatakan dukungan pembangunan kemaritiman di Tanah Air, dalam rangka mewujudkan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia. Dukungan ini sebagai hasil pertemuan FRI itu berlangsung  dua hari di Kampus Universitas Sumatera Utara, Medan, 24-25 Januari 2015.

"Para rektor sepakat mendukung implementasi program Menuju Poros Maritim Dunia," ucap Ketua Forum Rektor 2014-2015, yang juga Rektor Universitas Negeri Surakarta 11 Maret, Ravik Karsidi dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (24/1/2015).

Ravik menjelaskan, program tersebut difokuskan pada 4 program utama. "Yakni, meneguhkan kedaulatan maritim, pemanfaatan sumber daya alam secara lestari, pembangunan infrastruktur dan membawa Indonesia menuju negara bahari yang modern, maju dan mandiri namun tetap berorientasi pada kepentingan nasional."

Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo menyambut baik dukungan para rektor dari seluruh Indonesia ini. Dan sekaligus mengingatkan peran strategis perguruan tinggi dalam menyiapkan generasi penerus bangsa saat ini guna memimpin Indonesia pada periode 100 Tahun Indonesia Merdeka, tahun 2045, saat Indonesia akan menjadi negara yang maju, modern dan masuk dalam 10 besar kekuatan ekonomi dunia dengan kontribusi komponen maritim yang besar.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Kemaritiman juga menjabarkan peran para ahli dan profesional Indonesia yang harus dipacu guna meningkatkan kandungan lokal dan nilai tambah dalam industri galangan kapal, pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW), pembangunan industri migas serta rencana pembangunan 100 Science-Techno Park di seluruh Tanah Air, salah satunya adalah pembangunan Marine Techno-Park di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Disamping itu, dipaparkan pula rencana pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara yang diintegrasikan dengan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangei, Jalan Tol Belawan-Kuala Tanjung-Sei Mangkei, jalan kereta api, serta pembangunan PLTA Asahan-3.

Sementara di wilayah timur segera dibangun kawasan ekonomi khusus Sorong, Papua Barat yang akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Sorong, Pembangkit Listrik, Industri perikanan dan kawasan wisata bahari Raja Ampat.

Hadir pula dalam Konvensi XI FRI, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, serta para rektor. Di antaranya Rektor Universitas Pertahanan, Jakarta, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, dan Rektor Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto. Serta, Rektor Universitas Sumatera Utara, Syahril Pasaribu yang akan menjabat Ketua Forum Rektor Indonesia periode 2015-2016. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini