Sukses

Aksi Unik Mahasiswa Meruwat Polisi di Semarang

Ruwatan itu ditujukan bagi lembaga Polri yang menurut mereka tak pernah lelah menjegal KPK dalam memberantas korupsi.

Liputan6.com, Semarang - Gabungan aktivis Pekanbaru, Riau turun ke jalan menyusul reaksi atas penangkapan Bambang Widjojanto, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (24/1/2015), dalam orasinya para demonstran mengutarakan bahwa kasus yang menjerat Bambang Widjojanto tidak murni berdasar penegakan hukum. Para demonstran juga menilai Presiden Joko Widodo yang dinilai lemah dalam menyelesaikan kisruh antara KPK dan oknum petinggi Polri.

Aksi protes penangkapan Bambang Widjojanto juga digelar ratusan aktivis antikorupsi di Yogyakarta. Mereka memulai aksi dengan melakukan long march menuju Mapolda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para demonstran menilai, penangkapan Wakil Ketua KPK hanya strategi Polri untuk melemahkan komisi antirasuh itu. Di akhir unjuk rasa, para demonstran menyerahkan surat protes kepada Kapolri terkait upaya pelemahan dan kriminalisasi pimpinan KPK.

Sementara di Semarang, Jawa Tengah, gabungan masyarakat Anti Korupsi melakukan ritual ruwatan di depan kantor Polda Jateng. Ruwatan itu ditujukan bagi lembaga Polri yang menurut mereka tak pernah lelah menjegal KPK dalam memberantas korupsi.

Para demonstran juga meminta agar Presiden Joko Widodo juga ikut mendukung dan menghentikan kriminalisasi terhadap KPK. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini