Sukses

Longsor di Bogor dan Lampung Putuskan Akses Jalan

Longsor di Bogor membuat rumah warga terkubur tanah, sedangkan di Lampung longsor sebabkan akses jalan terputus.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang terus mengguyur kawasan Bogor, Jawa Barat, mengakibatkan sebuah kampung mengalami bencana longsor. Sebanyak 2 rumah terkubur tanah hingga tak terlihat dan belasan lainnya rusak berat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (22/1/2015), gemuruh longsoran tanah membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah tadi malam (21/1/2015). Akibat longsor yang menggerus Kampung Cikoneng, Kecamatan Jonggol saat ini seratusan warga terpaksa harus mengungsi.

Di Boyolali, Jawa Tengah, diduga akibat tidak kuat menahan guyuran air hujan, sebuah tebing penguat jembatan sepanjang belasan meter ambrol. Jika tebing yang ambrol tidak segera diperbaiki, rumah warga yang berada di pinggir jembatan terancam ikut longsor.

Di Purworejo, Jawa Tengah, tebing sepanjang lebih kurang 30 meter, tinggi 20 meter, dan lebar 2,5 meter longsor karena diterjang hujang deras. Jalur utama Kutoarjo-Wonosobo itu teracam putus.

Sementara itu, di Lampung, tanah longsor terjadi di lereng perbukitan Gunung Duduk, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara. Longsor tanah itu menimbun jalan utama menuju 4 desa di Kecamatan Tanjung Raja.

Pemerintah Daerah (Pemda) setempat melalui petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang mengerahkan 3 unit alat berat terlihat kesulitan membuka akses jalan akibat tingginya lumpur longsor dari bukit yang menutup jalan. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini