Sukses

Jokowi Kumpulkan Bupati Seluruh Indonesia di Istana Bogor

Rapat koordinasi ini melibatkan peran dan kerja sama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Apeksi,

Liputan6.com, Bogor - ‎Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat koordinasi dengan Bupati dan Walikota seluruh Indonesia di Istana Bogor pagi ini. Rapat yang akan digelar selama 2 hari itu merupakan tindak lanjut kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 pada 18 Desember 2014.

"Rapat ini merupakan pelaksanaan tahap 1 dan tahap 2. Dengan diikuti oleh bupati berdasarkan pengelompokan wilayah dan ketersediaan alokasi tempat pertemuan," ujar Tjahjo Kumolo di Istana Bogor, Kamis (22/1/2014).

‎Tjahjo mengatakan, rapat koordinasi tersebut diselenggarakan untuk membahas agenda prioritas pemerintahan dan pembangunan di 6 bidang. Rapat koordinasi ini melibatkan peran dan kerja sama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

"6 tersebut yaitu kedaulatan pangan, infrastruktur, potensi kelautan, sumber daya alam, energi. Dan keenam, kendala dalam perizinan, pelayanan, tumpang tindih peraturan perundang-undangan dan ego sektoral," ucap Tjahjo.

Berdasarkan jadwal agenda rapat yang diterima, rakor Presiden Jokowi dengan para bupati akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama, akan diikuti 101 bupati. Di antaranya, dari Provinsi Aceh sebanyak 18 bupati, Sumatera Utara 25 bupati, Sumatera Barat 12 bupati, Jambi 9 bupati, Riau 10 bupati, Kepulauan Riau 5 bupati, Bengkulu 9 bupati, dan Sumatera Selatan 13 bupati.

Sedangkan untuk tahap kedua yang berlangsung pada Jumat 23 Januari besok di tempat yang sama akan diikuti 103 bupati. Di antaranya, Bangka Belitung 6 bupati, Lampung 13 bupati, Bali 8 bupati, Nusa Tenggara Barat 8 bupati, Nusa Tenggara Timur 21 bupati, Kalimantan Barat 12 bupati, Kalimantan Tengah 13 bupati, Kalimantan Selatan 11 bupati, Kalimantan Timur 7 bupati, dan Kalimantan Utara 4 bupati.

Rapat digelar pukul 10.00 WIB. Pantauan Liputan6.com, hingga saat ini para bupati berkumpul di ruang Garuda Istana Bogor menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo. Selain dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Rakor juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri PU dan Pekerjaan Umum Basuki Hadi Muljono, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan Sekertaris Kabinet Andi Widjajanto. ‎

Selain Rakor bersama dengan Bupati se Indonesia,  Presiden Jokowi juga akan menggelar Rakor bersama Walikota Seluruh Indonesia. Tetapi untuk pelaksanaan rakor tersebut, hingga saat ini belum dijadwalkan. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.