Sukses

Bendung Katulampa Siaga III, Arus Air Segera Tiba di Jakarta

Debit air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 140 ribu liter per detik.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat semakin deras hingga membuat ketinggian air di Bendung Katulampa terus naik. Debit air menyentuh angka 120 centimeter (cm), sehingga statusnya naik dari Siaga IV menjadi Siaga III.

Kepala Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, naiknya debit air sudah terjadi sejak pukul 15.00 WIB saat Bogor diguyur hujan deras.

"Sampai pukul 17.00 WIB debit air kembali naik menjadi 70 cm dan status dinaikkan menjadi Siaga IV," jelas Andi Sudirman saat dikonfirmasi di Bogor, Rabu (21/1/2015).

Karena hujan di Kawasan Puncak cukup deras, ketinggian air kembali meningkat dan menyentuh angka 90 cm pada pukul 17.30 WIB. Tak berselang lama, debit air kembali meningkat menjadi 120 cm pukul 18.00 WIB. Status pun dinaikkan menjadi Siaga III.

"Kemungkinan arus air akan menuju Jakarta 12 jam ke depan. Kami mengimbau agar warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar berhati-hati," katanya.

Andi mengatakan debit air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 140 ribu liter per detik. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan puncak dan di Depok karena kemungkinan debit air akan kembali naik. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini