Sukses

Debit Air Terus Bertambah, Bendung Katulampa Siaga IV

Ketinggian air di Bendungan Katulampa pada pukul 17.00 WIB menjadi 70 centimeter.

Liputan6.com, Bogor - Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak Bogor dan sekitarnya sejak sore hari, mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa kembali bertambah. Hingga pukul 17.00 WIB tinggi muka air (TMA) bendungan mencapai angka 70 centimter atau Siaga IV.

Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung mengalami peningkatan sejak pukul 15.00 WIB menjadi 50 centimter.

"Dari puncak sudah turun hujan sejak siang tadi," jelas Andi saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (21/1/2015).

Andi mengatakan, ketinggian air di Bendungan Katulampa bertambah lagi pada pukul 16.00 WIB hingga menyentuh angka 60 centimeter atau berstatus Siaga IV, disusul pada pukul 17.00 WIB menjadi 70 centimeter.

Kemungkinan, kata Andi, banjir akan tiba di Jakarta dini hari nanti. Volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 90 ribu liter per detik.

"Debit air di aliran sungai Ciliwung tersebut akan tiba di Jakarta 12 jam kemudian. Untuk itu warga yang berada di pinggiran sungan Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau dia.

Andi menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak Bogor dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Hingga saat ini hujan dengan intensitas sedang masih mengguyur kawasan Bogor. Bila hujan tidak berhenti selama beberapa jam, dimungkinkan volume air akan bertambah hingga menyebabkan banjir kiriman ke Jakarta. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.