Sukses

Jokowi Resmikan Masjid Terbesar di Kalbar Hari Ini

Ada beberapa agenda kunjungan Presiden Jokowi ke Kalimantan Barat. Di antaranya meresmikan masjid terbesar di Kalbar dan wilayah perbatasa

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan berkunjung ke beberapa wilayah di Kalimantan Barat, hari ini.

Dalam kunjungan pertamanya sebagai presiden ke provinsi tersebut, Jokowi akan menjalani beberapa agenda kerja. Yakni peresmian Masjid Raya Mujahidin di Pontianak, pencanangan pembangunan Jaringan Irigasi Feroseme di Kabupaten Landak, dan meninjau serta berdialog dengan warga di daerah perbatasan di wilayah Kalimantan Barat.

Kapolda Kalbar Brigadir Jenderal Pol Arief Sulistyanto mengatakan untuk jumlah personel keamanan yang disiapkan untuk pengamanan presiden, pihaknya telah menerjunkan 1.800 anggota. Ia pun tak lupa berkoordinasi dengan jajaran Kodam XII Tanjungpura.

"Sedikitnya 1.800 personel Polri akan diturunkan. Seluruh kegiatan pengamanan, akan dilaksanakan terkoordinasi dengan Kodam XII Tanjungpura dan instansi terkait lainnya," ujar dia.

Ribuan polisi itu tersebar di setiap lokasi yang direncanakan akan didatangi oleh Presiden Jokowi. Di antaranya Kota Pontianak, Kabupaten Landak, Kabupaten Kubu Raya, Sanggau tepatnya di perbatasan Entikong, Sambas dan terakhir Kapuas Hulu.

"Geladi bersih tadi sudah dilakukan, mulai pengamanan jalan, hingga lokasi tujuan dan penginapan intinya kita bersama instansi lainnya sudah siap mengamankan dan menyambut kedatangan Presiden,"‎ ucap Arief.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengatakan, kedatangan Presiden Jokowi ke Kalbar berdasarkan undangan yang disampaikan olehnya untuk meresmikan Masjid Raya Mujahidin yang akan menjadi masjid terbesar di Kalimantan Barat.

"Saya yang mengundang beliau untuk datang meresmikan masjid tersebut, harapannya agar ini menjadi sejarah penting bagi perkembangan pembangunan khususnya di Kota Pontianak dan di seluruh Kalimantan Barat," tandas Oesman.

Terkait kunjungannya ke beberapa wilayah perbatasan, Oesman mengaku dirinya belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Presiden. Namun, demikian bila Jokowi akan melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah tersebut, sebagai putra daerah, ia tentu akan mendampingi presiden.

"Ya tentu, beliau ke sini, ya kita sambut, tapi yang minta, beliau datang ke sini untuk meresmikan masjid kebanggaan warga Kalbar. Itu saja. Kalau ke tempat lainnya, itu terserah presiden," kata Oesman.

Presiden Jokowi dan rombongan akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada pagi ini, pukul 07.30 WIB. Rombongan Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Supadio, Pontianak pada pukul 09.00 Wita dan akan langsung menuju ke Masjid Raya Mujahidin untuk menghadiri acara peresmiannya. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.