Sukses

Nikmatnya Jelajah Kuliner di Kawasan Gedung Sate

Banyak beragam kuliner yang dijakakan di sekeliling Gedung Sate, mulai dari kopi khas Bandung, es buah Pak Ewok, nasi liwet, dan lainnya.

Liputan6.com, Bandung - Untuk mengisi akhir pekan Anda, tidak ada salahnya untuk menjelajah kuliner di Kota Kembang yang terkenal banyak jajanannya. Seperti di kawasan Gedung Sate, Bandung Jawa Barat, di sini banyak beragam kuliner yang dijajakan, mulai dari minuman, nasi liwet, es, dan masih banyak lainnya.

Gedung Pemerintahan Kota Bandung ini bisa menjadi patokan jika Anda ingin mencari kuliner. Di sekeliling Gedung Sate ini tersebar jajanan khas Kota Bandung.

Sebagian orang terbiasa membuka hari dengan meminum kopi, nah cocok buat Anda yang berlibur di kota ini, seperti di Jalan Cisangkuy 68 yang berada di samping kanan Gedung Sate terdapat kedai kopi yang hanya ada di Jawa Barat, namanya Java Preanger Coffee House.

Ada berbagai macam kopi yang bisa Anda nikmati di sini, seperti kopi rasa buah nangka, coklat, dan lainnya. Satu cangkir kopi ini dihargai Rp 20.000.

Beralih dari Java Preanger Coffee House, ada nasi liwet di Jalan Trunojoyo yang berada di sebelah kanan Gedung Sate, Nasi Bancakan namanya. Di Jawa Barat terkenal dengan kulinernya dengan berbagai macam lalapan atau sayuran segar yang dicocol dengan sambal.

Di Nasi Bancakan ini yang jadi favorit adalah nasi liwet, ditambah dengan lauknya seperti ikan peda, tumis picung atau kluwak muda dan jengkol dan berbagai macam pilihan lalapan. Meski di Jawa Barat, di sini ada bumbu balado dan bumbu kecap.  

Satu porsi nasi liwet ini dihargai Rp 6.000, tumis picung Rp 3.500, peda dayang sumbi Rp 7.500, dan es goyobod Rp 8.000 dan yang menarik adalah lalapan dan sambalnya gratis.

Ada juga tutut atau keong sawah, cara makannya disedot pakai mulut langsung. Menurut orang Sunda, tutut ini bisa juga menjadi obat penyakit kuning atau liver.

Tenang, sudah makan berat pasti ada makanan penutupnya, di sini ada sop buah Pak Haji Ewok yang terkenal. Terletak di Jalan Mandiri, tepatnya di Belakang Gedung Sate. Satu mangkuk sop buah ini dihargai Rp 9.000.

Ingat, patokannya Gedung Sate, di sebelah kanan, kiri dan belakang bisa menjadi rekomendasi wisata kuliner Anda. Tertarik untuk menjelajah kuliner? datang saja langsung ke kawasan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

Lebih jelasnya saksikan Jelajah Kuliner yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (17/1/2015), di bawah ini. (Dan/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini