Sukses

Jokowi: Budi Gunawan Ditunda Jadi Kapolri, Bukan Batal

Perjalanan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri berakhir dengan pengumuman penting dari Presiden Jokowi. Pengangkatannya ditunda.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri berakhir dengan pengumuman penting dari Presiden Jokowi. Pengangkatannya ditunda.

Proses hukum yang harus dijalani Budi Gunawan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait rekening tak wajar oleh KPK dijadikan alasan oleh Jokowi atas penundaan pengangkatan sebagai Kapolri.

"Berhubung Komjen Pol Budi Gunawan sedang menjalani proses hukum, maka kami pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai kapolri," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/1/2015) malam.

"Jadi menunda, bukan membatalkan, ini yang perlu digarisbawahi," sambung pria yang mengenakan bati biru bercorak hijau ini.

Jokowi sempat merunut proses pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri hingga berakhir pada penundaan pengangkatan.

"Perlu saya sampaikan sejak proses dari seleksi Kompolnas (Komisi Kepolisian Nasional), kemudian mengajukan surat ke DPR, kemudian persetujuan dari DPR," tutur Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini