Sukses

Harga Minyak Dunia Anjlok, Menag Lukman Harap Biaya Haji Turun

Penurunan harga minyak dunia ini diharapkan punya efek baik terkait biaya haji.

Liputan6.com, Jakarta - Di akhir 2014 dan awal 2015, harga minyak dunia terus turun. Pemerintah pun menanggapi kemerosotan ini dengan mengambil sikap menurunkan harga BBM bersubsidi.

Penurunan harga minyak dunia ini diharapkan punya efek baik terkait biaya haji. Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sepulangnya dari Arab Saudi.

"Mudah-mudah dengan turunya harga minyak dunia juga bisa tekan biaya sewa (pesawat) nanti," ujar Lukman di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (16/1/2015).

"Baik garuda maupun dan Saudi Airlines semoga harganya bisa lebih murah," sambung dia.

Di samping mengenai penurunan harga minyak, Lukman juga angkat bicara soal agen perjalanan haji nakal. Dia memastikan kementerian yang dipimpinya akan sudah punya langkah mengatasi masalah ini.

"Kita akan publikasikan nama penyelenggara haji resmi," ujar Lukman

"Ini dilakukan agar masyarakat jangan berhubungan dengan penyelenggara haji nakal. Dan nanti travel abal-abal yang merugikan tak ada lagi," tandas Lukman.

Sebelumnya, Lukman mengutarakan apresiasi yang disampaikan otoritas Arab Saudi kepada Pemerintah dan Jamaah Haji Indonesia.

"Pemerintah Arab Saudi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan jamaah Haji Indonesia yang dinilai merupakan jamaah haji yang terbaik," sebut Menag Lukman Hakim.

Ucapan bahwa jamaah haji Indonesia adalah yang terbaik, disampaikan langsung oleh Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Muhammad Hajjar kepada Lukman. Menurut dia, Indonesia dapat menjadi jamaah haji terbaik karena sejumlah hal. (Tnt/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.