Sukses

Palestina Jadi Isu Penting KTT Asia Afrika di Indonesia

Salah yang jadi fokus KTT Asia Afrika adalah nasib Palestina yang wilayahnya masih digerogoti Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia bakal menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika. Pertemuan internasional itu akan dihelat di Jakarta dan Bandung pada April 2015 mendatang.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Kerjasama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika, Ferdy Piay mengatakan, ada beberapa isu penting yang akan dibahas di KTT ke-60 tersebut. Salah satunya soal nasib Palestina yang wilayahnya masih digerogoti Israel.

"Tentunya isu Palestina bagi Asia-Afrika itu penting," ujar Ferdy di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Dijelaskan dia, pentingnya masalah Palestina karena KAA didirikan untuk melawan kolonialisme. Terlebih, sampai saat ini, Palestina masih harus berhadap dengan penjajahan yang dilakukan Israel.

"(Masalah Palestina) itu adalah core isu (di Konferensi Asia Afrika)," sambung dia.

Ferdy menambahkan, masalah Palestina bukan yang pertama kali menjadi pembahasan di KTT Asia Afrika. Bahkan di setiap KAA, persoalan Palestina Selalu masuk dalam agenda pembahasan.

"KAA 2015  Palestina itu menjadi isu konkret. Kita harapkan bisa selangkah lebih jauh. Kita akan upayakan ada outcomes yang real," tandas Ferdy.

Sebelum KTT Asia Afrika, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan akan meyampaikan perihal kegiatan ini kepada beberapa menlu negara-negara di Afrika pada 30 Januari 2015, dalam pertemuan Uni Afrika yang berlangsung di Ibukota Ethopia, Adis Ababa. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.