Sukses

Desmond Gerindra: Jokowi Harus Lantik Calon Kapolri Budi Gunawan

Sebab jika Budi Gunawan tidak dilantik, maka lembaga DPR yang akan menjadi tumbal dari inkonsistensi pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Desmond J Mahesa mengakui bahwa awalnya menolak pengusulan Komjen Pol Budi Gunawan sebagi calon Kapolri. Lantaran, menurutnya Partai Gerindra menduga dalam pencalonan Budi Gunawan ada keterlibatan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sebelum ditetapkan tersangka, kita belum tentu sepakat dengan Budi Gunawan. Yang kami pahami Jokowi bermain-main secara politik, ini titipan Megawati. Kita tidak mau masuk dalam permainan mereka," kata Desmond dalam diskusi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/1/2015).

Namun, akhirnya partai besutan Parabowo Subianto itu mendukung karena tidak ingin Gerindra yang menolak usulan pencalonan Budi Gunawan tersebut dijadikan sebagai biang kegagalan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menentukan Kapolri.

"Kalau Gerindra menolak, sama saja dipakai tangan oleh Jokowi, kami tidak mau. Jadi kita main taichi, bola yang dilempar ke kita maka kita putar-putar dan kita balikkan lagi. Kita tidak mau melegitimasi Jokowi membuang orang," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR ini.

Maka dari itu, ia menegaskan, Jokowi harus konsisten dengan langkahnya. Caranya yaitu dengan melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri. Sebab jika tidak dilantik, maka lembaga DPR yang akan menjadi tumbal dari inkonsistensi pemerintah.

"Ini games bagi kita di Gerindra. Dia lantik maka dia akan bermain dengan KPK. Kalau dia tidak dilantik maka akan kita berikan hak bertanya. Kenapa dia memberikan barang busuk. Jadi, Jokowi harus melantik Budi Gunawan," tandas dia. (Ado/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini