Sukses

Tok! DPR Setuju Budi Gunawan Jadi Kapolri

Setelah dilakukan lobi selama 10 menit, rapat paripurna DPR akhirnya menyetujui Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat paripurna DPR akhirnya menyetujui Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai Kapolri. Hal itu diputuskan setelah rapat sempat ditunda 10 menit untuk lobi.

"Rapat paripurna menyetujui laporan Komisi III untuk Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri, kecuali Fraksi Demokrat dan Fraksi PAN memberikan catatan untuk pimpinan DPR berkonsultasi dengan Presiden," kata pemimpin rapat Taufik Kurniawan dalam rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/1/2015).

Dia kemudian meminta persetujuan semua fraksi yang ada di DPR. Keputusan tersebut pun disetujui semua fraksi dengan kompak menjawab setuju. "Terima kasih semua setuju," ucap Taufik dibarengi dengan mengetukkan palu sidang.

Kemudian, Komjen Budi Gunawan pun dipersilakan maju ke depan meja pimpinan rapat paripurna untuk berfoto dengan pimpinan DPR. Lalu dia dipersilakan meninggalkan ruang rapat paripurna.

Rapat paripurna DPR untuk membahas persetujuan calon tunggal Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebelumnya sempat diskors. Hal itu akibat banyak interupsi yang muncul dari fraksi-fraksi terkait status Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan rekening gendut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Karena banyak yang belum sepakat. Kita sekarang skorsing 10 menit untuk lobi," kata Taufik. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.