Sukses

Janji Budi Gunawan Jika Terpilih Menjadi Kapolri Jokowi

Mengenakan seragam kepolisian lengkap, Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komjen Pol Budi Gunawan menjalani fit and proper test.

Liputan6.com, Jakarta - Mengenakan seragam kepolisian lengkap, Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Komjen Pol Budi Gunawan menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri bersama Komisi III DPR. Di hadapan anggota dewan, Budi mengungkapkan rencananya untuk membentuk satuan tugas khusus saat dirinya menjadi Kapolri pengganti Jenderal Polisi Sutarman.

"Agar pencapaian seluruh program unggulan kami berhasil dan optimal, saya akan membentuk satuan tugas dan satuan tugas khusus," kata Budi Gunawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/1/2014).

Dia mengatakan, tak cuma anggota Polri yang akan mengisi satgas dan satgassus tersebut. Namun semua elemen, mulai dari TNI hingga seluruh lapisan masyarakat juga akan dilibatkan.

"Pertama satgassus berantas korupsi dan TPPU (tindak pidana pencucian uang), satgassus basmi narkoba dan judi, libas preman, illegal fishing, illegal mining, tumpas terorisme, hajar anarkis, Polri bersih pungli, gelar kekuatan, bebas macet, pelayanan prima, kontra radikal dan deradikalisasi, rekruitmen terbuka, dan satgas revolusi mental," ucap Budi Gunawan.

Sebanyak 9 dari 10 fraksi di Komisi III DPR hari ini menggelar fit and proper test calon Kapolri terhadap Budi Gunawan. 1 Fraksi, yakni Partai Demokrat ‎menyatakan keberatannya untuk menghadiri fit and proper test.

Hal ini lantaran sehari sebelumnya, Selasa 13 Januari 2015, ajudan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri itu ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Budi Gunawan disinyalir terkait kasus transaksi tidak wajar. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini