Sukses

Polri: Komjen Pol Budi Gunawan Bersih Kasus Pidana

Mabes Polri menegaskan bahwa calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan selama ini tidak pernah melakukan tindak pidana.

Liputan6.com, Jakarta - Komjen Pol Budi Gunawan telah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus transaksi mencurigakan. Mabes Polri menegaskan bahwa calon Kapolri itu selama ini tidak pernah melakukan tindak pidana.

"Dari 2010 sampai 2014 di Bareskrim tak ada kasus pidana terkait Budi Gunawan. Kalau misal KPK menetapkan tersangka, saya kira kasusnya beda. Saya tidak tahu," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Ronny F Somphie di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Ronny juga mengaku tidak mengetahui data yang dipakai KPK dalam menetapkan Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian Mabes Polri itu sebagai tersangka.

"Kita kan belum tahu data yang dimiliki oleh KPK itu data hasil penyelidikan tahun berapa. Saya justru hanya mendengar info dari kawan-kawan media, kemudian kawan-kawan mengklarifikasi saya menjelaskan seperti ini," tambah dia.

Ikut Aturan Main KPK

Ronny juga menyatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus Komjen Pol Budi Gunawan kepada KPK. "Kalau memang KPK menemukan ada indikasi pidana yang sedang dilakukan proses penyelidikan kemudian bisa dapat bukti cukup jadi tersangka, tentu kita serahkan ke KPK," kata dia.

Meski demikian, pihaknya belum ada instruksi apapun dari Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengenai penetapan Budi sebagai tersangka. Menurut dia, informasi resmi dari KPK terkait status tersangka Budi Gunawan belum diterima Polri.

"Kita belum mendapatkan informasi secara resmi, tentu sepenuhnya kewenangan ada di bapak Kapolri, sementara ini belum dapat info lanjut arahan bapak Kapolri seperti apa," tambahnya.

Budi Gunawan diduga korupsi saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir di Polri. "Komjen BG (Budi Gunawan) sudah menjadi tersangka kasus tipikor saat menduduki Kepala Biro Pembinaan Karir," ujar Ketua KPK, Abraham Samad.

Abraham juga menjelaskan bahwa penyelidikan perkara ini sudah dilakukan lembaganya sejak 2014.

Sebelumnya nama Budi Gunawan diajukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR menggantikan Jenderal Sutarman yang masa jabatannya akan habis pada Oktober 2015 mendatang. Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa Budi Gunawan yang saat ini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan Polri dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini