Sukses

KNKT Targetkan Temukan Kabin Kokpit AirAsia QZ8501

Sebab, selain black box atau kotak hitam AirAsia QZ8501, bagian kabin kokpit juga hal penting lain untuk diinvestigasi KNKT.

Liputan6.com, Kotawaringin Barat - Investigator atau penyelidik Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ony Soeryo Wibowo mengatakan, KNKT juga menargetkan bagian kabin kokpit pesawat AirAsia QZ8501 ditemukan. Sebab, selain black box atau kotak hitam, bagian kabin kokpit juga hal penting lain untuk diinvestigasi KNKT.

"Paling tidak kokpit. Kami targetkan bagian kokpit ketemu," kata Ony di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Selasa (13/1/2015).

Oby mengatakan, bagian kokpit itu penting untuk ditemukan agar dapat dilihat seberapa besar kerusakan di kabin kokpit. Juga untuk menyamakan dengan rekaman percakapan pilot dan kopilot pada black box, apakah sesuai atau tidak.

"Di kokpit itu semua kontrol ada di situ. Misalnya, kontrol kecepatan, itu bisa dilihat apakah maju sendiri karena benturan atau tidak, dan sebagainya. Atau kita melihat, seberapa besar efek benturan misalnya sampai patahkan ini itu. Itu nanti kita akan match-kan dengan perbincangan pilot," papar Ony.

Black box pesawat AirAsia QZ8501 berupa Flight Data Recorder (FDR) berhasil diangkat tim penyelam gabungan TNI AL pada Senin 12 Januari pagi kemarin. Setelah black box jenis FDR berhasil diangkat, hari ini tim penyelam mencari black box Cockpit Voice Recorder (CVR) AirAsia QZ8501.

Sejumlah benda diangkut dari bawah laut oleh tim evakuasi pesawat AirAsia QZ8501 di Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh. Di antara barang-barang tersebut, terdapat sebuah benda mirip kotak hitam pesawat berisi data rekaman suara di kokpit atau CVR.

Hal ini diakui oleh Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo. "Ada beberapa benda diangkat. Banyak benda yang mirip (CVR AirAsia QZ8501)," ucap dia usai menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, di Jakarta, Selasa 13 Januari 2015. (Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini