Sukses

Pintu Air Pasar Ikan Siaga II, Jakarta Utara Kebanjiran

Akibat tingginya muka air di pintu air tersebut, beberapa wilayah di bagian utara Jakarta sudah mengalami banjir. Berikut di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah ibukota sejak Senin 12 Januari 2015 kemarin membuat volume air di Pintu Air Pasar Ikan mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Berdasarkan catatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, akibat hujan deras tersebut ketinggian air di lokasi tersebut atau mencapai 205 cm yang berarti statusnya Siaga II.

Akibat tingginya muka air di pintu air tersebut, beberapa wilayah di bagian utara Jakarta sudah mengalami banjir.

‎"Wilayah-wilayah tersebut yaitu, daerah sekitar Cilincing, Kali Baru, Koja, Tanjung Priok, Kebon Bawang, Penjaringan, Ancol, Pluit, Kapuk Muara, Kamal Muara‎," kata Petugas Pusat Pengendali Operasional (Pusdalops) BPBD DKI Jakarta, Adhe melalui pesan singkat, selasa (13/1/2015).

Adhe memaparkan, ketinggian air di pintu air tersebut terjadi setiap jam. ‎"Sejak pukul 03.00 WIB, tinggi muka air hanya berada pada 180 cm atau siaga 3. Kemudian pada pukul 07.00 WIB muka air naik menjadi 199 cm. "Setiap satu jam pasti ada kenaikan tinggi muka air," ujar Adhe.

Kemudian, kata Adhe pada pukul 08.00 WIB, ketinggi volume air kembali naik menjadi 205 centimeter yang berarti berada posisi siaga 2. Namun demikian, naiknya status pintu ait pasar ikan, berdasarkan pantauan BPBD berada dalam kondisi normal atau siaga 4. "Untuk wilayah terdampak Pintu Air Pasar Ikan hanya wilayah bagian utara saja," ucap dia.

‎Untuk pantauan cuaca hari ini, BPBD juga menginformasikan adanya peringatan dini cuaca di wilayah Jabodetabek. Adhe menyebutkan sepanjang hari ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang di beberapa wilayah. Seperti Cengkareng, Tangerang, Pluit, Ancol, Jelambar dan Pademangan.

"Lalu kemudian wilayah Grogol, Tomang, Kemayoran, Sawah Besar, Pasar Baru, Senen, Cempaka Putih, Tanjung Priok, Marunda, Cilincing, Kelapa Gading, Rawamangun, Pulogadung, Cakung, Pondok Kelapa, Bekasi, Pondok Cabe, Cinere, dan Depok."

Menurut dia, potensi hujan akan terjadi dari pagi hingga siang ini. "Hal itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10.30 WIB dan meluas ke wilayah Kembangan, Kebon Jeruk, Tanah Abang, Gambir, Menteng, Jatinegara, Kampung Melayu, Serpong, Pamulang, Ciputat, Sawangan Parung, Cibubur, Cimanggis, Cililitan dan sekitarnya," jelas Adhe. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini