Sukses

Komisi III DPR Kunjungi Kediaman Calon Kapolri Budi Gunawan Jumat

Kunjungan ini dilakukan sebelum Komisi III melakukan uji kelayakan.

Liputan6.com, Jakarta Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan akan segera menjalankan uji kelayakan di Komisi III DPR. Sebelum  uji kelayakan digelar, Komisi III DPR berencana melakukan kunjungan ke kediaman calon tunggal Kapolri tersebut.

"Tadi dalam rapat pleno Komisi III diputuskan beberapa agenda, salah satunya soal Kapolri," ujar Ketua Komisi III  Aziz Syamsudin di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Senin (12/1/2015).

"Tadi ada usulan dari anggota dan disepakati pleno akan dilakukan (uji kelayakan) tanggal 19 Januari tapi ini kita masih menunggu rapat Bamus besok pagi. Lalu rencananya kita akan melakukan kunjungan ke kediaman Budi Gunawan pada hari Jumat ini," sambung dia.

Politisi Golkar itu juga menjelaskan dalam uji kelayakan calon Kapolri, setiap fraksi juga diminta untuk menyiapkan bahan pertanyaan bagi Budi Gunawan.

"Kita juga minta masing-masing fraksi untuk masuk dalam tim kecil untuk mekanisme dan menyiapkan pertanyaan meskipun pimpinan dan sekretariat sudah menyiapkan tapi kami libatkan untuk ikut melakukan rembuk bersama," jelasnya.

Sebelum dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Budi Gunawan adalah seorang perwira polisi yang pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Ia merupakan lulusan terbaik Akpol 83 yang meraih penghargaan Adhi Makayasa. Saat berpangkat Komisaris Besar Polisi, Budi Gunawan pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Setelah itu, Budi Gunawan sempat tercatat sebagai jenderal termuda di Polri saat dipromosikan naik pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) dengan jabatan sebagai Kepala Biro Pembinaan Karyawan (Binkar) Polri. Kemudian, ia menjabat Kepala Selapa Polri, lembaga yang menginduk pada Lemdikpol selama 2 tahun, lalu dipromosikan menjadi Kapolda Jambi yg merupakan Polda tipe B.

Tak lama, Budi Gunawan dipromosikan naik pangkat bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) dengan jabatan sebagai Kepala Divisi Pembinaan Hukum (Kadiv BinKum). Ia sempat mutasi dengan jabatan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) lalu dipromosikan menjabat di kewilayahan sebagai Kapolda Bali yang merupakan Polda tipe A.

Tak perlu waktu lama, tanda pangkat bintang 3 pun disematkan di pundaknya ketika meraih pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) saat dipromosikan dengan jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) yang membawahi lembaga-lembaga pendidikan seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (SESPIM), Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), dan lainnya. (Ger/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini