Sukses

Antisipasi Banjir di Jakarta, Polda Metro Kerahkan 3.800 Personel

Nantinya, 3.800 polisi yang diturunkan itu akan disiagakan di 170 titik lokasi rawan bencana banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah persiapan mengantisipasi musibah banjir di Jakarta terus dilakukan. Salah satunya oleh jajaran Polda Metro Jaya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, pihaknya menurunkan sedikitnya 3.800 personel kepolisian guna mengantisipasi dan penanggulangan korban banjir.

"Satgas Pusat berjumlah 577 personel, Satgas Polda berjumlah 1.124 personel, dan Satgas Polres berjumlah 2.100 pesonel," kata Martinus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/1/2015).

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 17 tahun 2009 tentang manajemen penanggulangan bencana, pihaknya telah melakukan pemetaan lokasi-lokasi banjir di Jakarta. Nantinya, 3.800 polisi yang diturunkan itu akan disiagakan di 170 titik lokasi rawan bencana banjir.

"170 titik lokasi yang ditentukan wilayah itu tersebar di Jakarta, Depok, Tanggerang juga Bekasi," tambah dia.

Para personelnya, sambung dia, juga akan melakukan pelatihan penanggulangan bencana banjir yang dilaksanakan di Kampung Pulo, Jakarta Timur, pada Selasa 13 Januari 2014 besok.

Terkait materi pelatihan, ia menjelaskan, personel itu akan diberi pelatihan materi cara berkoordinasi dengan instansi, Walikota, dan Dandim. "Petugas akan diberikan pengetahuan tentang prediksi kerawanan semisal bagaimana menangani korban yang hanyut atau tenggelam, kemacetan, penyakit pasca banjir serta berbagai kondisi yang memungkinkan terjadinya tindak kriminal," jelas Martinus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.