Sukses

BMKG Prediksi Hujan Guyur Lokasi Pencarian Black Box AirAsia

Prakiraan cuaca khusus di sekitar wilayah yang diduga terdapat black box AirAsia berawan dan hujan ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng), mempresiksi kondisi cuaca di lokasi pencarian black box AirAsia QZ8501 akan diguyur hujan ringan pada Senin (12/11/2015) pagi. Meski begitu, kondisi cuaca di daerah pencarian umumnya kondusif.

Meski begitu, Kepala BMKG Pangkalan Bun, Lukman Soleh di Pangkalan Bun, Kalteng, mengimbau Tim SAR untuk tetap waspada di sekitar wilayah sektor timur pencarian karena akan hujan ringan. Sedangkan prakiraan cuaca khusus di sekitar wilayah yang diduga terdapat black box AirAsia berawan dan hujan ringan.

"Arah dan kecepatan angin dari Barat laut diprediksi mencapai 1 hingga 15 knots. Sedangkan tinggi gelombang laut mencapai maksimal 1,5 hingga 2 meter. Sementara arus permukaan di Barat dan Barat Laut mencapai 5 hingga 15 centimeter per detik," ungkap Lukman.

Sebelumnya Direktur Operasional Basarnas Marsekal Pertama SB Supriyadi mengatakan, penyelaman untuk memastikan keberadaan black box pesawat AirAsia QZ8501 masih terkendala kondisi arus bawah laut yang kuat.

Penyelaman telah disiapkan dalam 2 gelombang namun kondisi arus di bawah air laut tidak memungkinkan. Penyelam, kesulitan melakukan manuver di kedalaman 30 meter. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini