Sukses

3 Kapal Temukan Lokasi Black Box AirAsia

Di hari ke-15 pencarian korban dan pesawat AirAsia, Minggu (11/1/2015), 3 kapal melaporkan penemuan lokasi black box.

Liputan6.com, Jakarta - Ekor pesawat AirAsia QZ8501 telah diangkap Tim Penyelam TNI AL pada Sabtu 10 Januari kemarin. Namun, black box atau kotak hitam yang dapat mengungkap penyebab kecelakaan pesawat itu tidak berada di dalam ekor.

Di hari ke-15 pencarian korban dan pesawat AirAsia, Minggu (11/1/2015), 3 kapal melaporkan penemuan lokasi black box. Lokasinya berada di 3 derajat 37 menit 20,7 detik Lintang Selatan dan 109 derajat 42 menit 43 detik Bujur Timur di kedalaman sekitar 30 km.

"Lokasinya antara 1 sampai 4 km dari lokasi penemuan ekor pesawat," ungkap Deputi Kepala Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam Ridwan Djamaludin seperti disiarkan Metro TV.

Menurut dia, hampir dapat dipastikan lokasi tersebut merupakan tempat black box AirAsia berada. Sebab, 3 kapal di bawah komando Kapal Baruna Jaya 1 mendapatkan sinyal ping yang sama di lokasi tersebut.

"3 Kapal mendapatkan posisi yang sama ketika dipanggil. Mereka merekam suara yang sama ketika ping dari black box menjawab," beber dia.

"Kalau sudah 3 kapal melaporkan yang sama, kemungkinan besar itu lokasi black box. Sinyalnya cukup kuat," tegas Ridwan.

Ekor pesawat AirAsia QZ8501 berhasil diangkat ke kapal Crest Onyx milik SKK Migas. Proses pengangkatan setelah memakan proses selama lebih dari setengah hari. Ekor AirAsia berhasil diangkat ke kapal Crest Onyx sekitar pukul 14.00 WIB. Sedangkan proses pengapungan ekor pesawat dari dasar laut dimulai sejak pukul 06.00 WIB.

Tim penyelam sempat mengalami kendala saat melakukan pengapungan ke permukaan di perairan Laut Jawa. Namun pada pukul 12.00 WIB, tim penyelam gabungan TNI AL berhasil mengapungkan ekor pesawat ke permukaan. Kondisi ekor AirAsia saat ini sebagian besar sudah hancur. Namun huruf AirAsia sebagian besar masih utuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.