Sukses

BMKG: Awan Cumulonimbus Masih Hantui Tim SAR AirAsia QZ8501

Meski diperkirakan cuaca di lokasi pencarian AirAsia QZ8501 bersabat, namun awan cumulonimbus masih menghantui Tim SAR gabungan.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian korban dan pesawat AirAsia QZ8501 memasuki hari ke-12. Meski diperkirakan cuaca di lokasi pencarian bersabat, namun awan cumulonimbus masih menghantui Tim SAR gabungan.

"Memang beberapa titik masih akan terjadi hujan, namun lokasinya relatif tersebar," ujar Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Pangkalan Bun, Lukman Soleh, di Lanud Iskandar, Kamis (8/1/2015).

Lukman ‎mengatakan, hari ini juga masih potensial terbentuknya awan cumulonimbus yang dapat mengganggu proses pencarian. Sebab, awan itu dapat membuat angin kian berhembus kencang dan menghasilkan gelombang laut yang tinggi. Untuk itu, Lukman mengimbau tim evakuasi agar tetap waspada.

"Karena dalam waktu yang singkat, awan ini dapat meningkatkan kecepatan angin dan tinggi gelombang di sekitar lokasi," kata Lukman.

Dari data yang dimilikinya, ketinggian gelombang laut pada pagi hingga siang hari ini berkisar antara 1,25 hingga 2 meter. Sedangkan pada sore sampai malam berkisar antara 1,5 sampai 2,5 meter.

Sementara, untuk arus laut di sektor barat lokasi pencarian, dari arah barat laut dengan kecepatan 10-20 cm per detik di pagi hari, sedangkan sore hari berkisar antara 15-25 cm per detik. Dalam beberapa hari ke depan kondisi ketinggian gelombang akan cenderung meningkat yang dikhawatirkan akan kembali mengganggu proses pencarian AirAsia.

"Semoga kawan-kawan bisa memaksimalkan kondisi cuaca pada hari ini," harap Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini