Sukses

Amien Rais Sebut 2 Nama Calon Ketum PAN

Amien Rais selaku Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPP PAN mengatakan ada 2 kandidat yang akan bertarung.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPP PAN Amien Rais mengatakan ada 2 kandidat yang akan ikut dalam ajang perebutan kursi Ketua Umum PAN, yakni Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Satu kandidat lainnya yakni Drajad Wibowo diintruksikan Amien untuk tak ikut dalam perebutan posisi ketua umum.

"Ini di samping saya berdua peminat ketua umum yang akan datang. Yang sebelah kiri saya nggak usah jadi ketua umum," kata Amien sembari menunjuk Drajat saat membuka Rakernas 2015 di Kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (7/1/2015) malam.

Mantan Ketua MPR itu juga meminta Drajad memfokuskan kemampuannya sebagai seorang ekonom. Sebab, kata dia, menjadi ahli ekonom memiliki penghasilan yang lebih dibanding menjadi Ketua Umum PAN. "Banyak peminat ekonom, jadi lebih baik urusan itu saja banyak fee," imbau Amien.

Dengan demikian, Amien kembali menegaskan, kandidat yang akan maju dalam persaingan hanya ada dua nama. Hal tersebut karena menurutnya, kedua calon itu sudah memiliki hubungan yang dekat.

"Jadi tinggal Hatta dan Zulkifli yang sudah lama mendeklarasi sebagai adek-abang," ucap Amien.

Selain itu, Amien mengungkapkan kedua calon ini memiliki pengalaman yang cukup. Terlebih, kedua pesaing yang ingin menjabat sebagai ketua umum partai berlambang matahari itu sama-sama pernah berpartisipasi di eksekutif maupun legislatif.

Amien sebelumnya menyebut PAN butuh pembaharuan dengan adanya ketua umum baru, yakni Zulkifli Hasan. "Kalau Pak Hatta lagi, tidak ada perubahan. Kalau Pak Zul (Zulkifli Hasan) maju ada pembaruan," ujar Amien, di kantor DPP Partai Golkar, Jalan TB Simatupang Nomor 88, Jakarta Selatan, Rabu siang.

Kendati demikian, bukan berarti Hatta tersingkir dari posisi elite partai. Amien merencanakan posisi Ketua DPP MPP untuk Hatta.

"Saya cenderung sebaiknya (ketum) 5 tahun cukup. Yang lebih senior (Hatta Rajasa) melambung ke MPP, junior (Zulkifli Hasan) ke ketumnya. Plotting saya seperti itu," ujar Amien di DPP PAN, Rabu malam. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini