Sukses

Formasi Segitiga untuk Mengangkat Ekor Pesawat AirAsia

Ekor pesawat AirAsia QZ8501 ditemukan. Namun akibat besarnya gelombang di perairan Selat Karimata, upaya pengangkatan gagal dilakukan.

Liputan6.com, Surabaya - Ekor pesawat AirAsia QZ8501 dengan kode PKAXC berhasil ditemukan. Namun akibat besarnya gelombang di perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah, upaya pengangkatan gagal dilakukan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (7/1/2015), besok akan dilakukan skenario pengangkatan ekor pesawat dengan formasi segitiga yang akan dilakukan KRI Banda Aceh, KRI Hasanudin, dan KRI Geo Survei.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan langsung memberikan konferensi pers yang berisi tentang skenario pengangkatan ekor pesawat. Rencananya akan dipasang floating bag atau kantong udara yang akan membuat ekor tersebut mengapung dan dapat mengangkat beban kurang lebih 200 ton.

Rencananya apabila ekor pesawat AirAsia berhasil dievakuasi, hal pertama yang akan dilakukan mengamankan black box atau kotak hitam yang berisi informasi data penerbangan dari Surabaya menuju Singapura dan akan langsung dibawa Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Jakarta untuk diinvestigasi lebih lanjut penyebab jatuhnya pesawat. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.