Sukses

Aksi Bom Bunuh Diri Wanita Misterius Guncang Turki

Awalnya wanita misterius tersebut datang ke kantor polisi untuk melaporkan dompetnya yang hilang.

Liputan6.com, Istanbul - Seorang wanita melancarkan aksi bom bunuh diri di sebuah pos polisi Sultanahmet, Ibukota Istanbul, Turki. Aksi teror di dekat Masjid Biru dan Museum Hagia Sophia itu mengguncang situasi negara tersebut.

Awalnya wanita misterius tersebut datang ke kantor polisi untuk melaporkan dompetnya yang hilang. Namun secara tak terduga, ia meledakkan bom.

"Wanita tersebut berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan aksen yang kental. Tapi identitas dan kewarganegaraannya belum diketahui pasti," ujar Gubernur Istanbul Vasip Sahin kepada Turkish TV, yang dimuat BBC, Rabu (7/1/2015).

Akibat insiden tersebut, pelaku tewas di lokasi. Selain itu, ada seorang polisi yang juga meregang nyawa. Satu aparat lainnya terluka parah.

Untuk sementara, polisi menutup kawasan bersejarah tersebut, termasuk Masjid Biru, yang menjadi destinasi utama wisatawan mancanegara. Transportasi yang melintasi kawasan tersebut juga dihentikan sementara.

Hingga kini, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terbaru tersebut. Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu memerintahkan perburuan dan investigasi mendalam atas insiden tersebut.

Serangan ini merupakan yang kedua atas polisi dalam sepekan belakangan setelah seorang pria melempar granat ke para aparat polisi di dekat satu kantor pemerintah pada 1 Januari lalu.

Pelaku aksi granat itu disebut dilakukan oleh kelompok DHKP-C yang dikenal pernah beberapa kali melancarkan serangan di sejumlah tempat umum di Turki sejak tahun 1980 silam. Salah satunya dilakukan di Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Ankara pada 2013. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia
    Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia

    Turki

  • Bom bunuh diri merupakan tindakan di mana seseorang secara pribadi mengirimkan bahan peledak dan meledakkannya untuk menimbulkan kerusakan.

    Bom Bunuh Diri