Sukses

Ditemukan Makam dari Masa Firaun Kelima

Pemerintah Mesir mengatakan ahli arkeologi menemukan makam dari masa Dinasti Kelima Firaun sekitar 4.500 tahun lalu.

Liputan6.com, Kairo - Pemerintah Mesir mengatakan ahli arkeologi menemukan makam dari masa Dinasti Kelima Firaun sekitar 4.500 tahun lalu.

Menteri yang mengurusi benda-benda kuno Mesir Mamdouh al-Damaty mengatakan, makam yang sebelumnya tidak dikenal itu ditemukan oleh para ahli dari Ceko di Abu Sir, yang dulu menjadi kuburan di ibukota kuno Mesir, Memphis. Terletak di sebelah barat daya ibukota saat ini, Kairo.

Di tempat itu, juga ditemukan beberapa piramida yang didedikasikan untuk para firaun. Termasuk Firaun Neferefre.

Damaty menambahkan, bahwa perempuan dalam makam diidentifikasi sebagai Khentakawess. Berdasarkan tanda-tanda yang ditemukan, dia diyakini sebagai istri atau ibu dari Firaun Neferefre -- yang berkuasa sekitar 4.500 tahun lalu.

"Untuk pertama kali kita mengetahui nama ratu yang tidak diketahui sebelum penemuan makam ini," jelas Damaty seperti dikutip dari BBC, Senin (5/1/2015).

Upaya penggalian arkeologi itu juga membuahkan penemuan sekitar 30 perabot terbuat dari batu kapur dan tembaga.

Pimpinan tim arkeologi Ceko, Miroslav Barta mengatakan temuan mereka mungkin bisa membantu untuk mengetahui aspek-aspek yang tidak diketahui dari Dinasti Kelima Firaun. Yang bersama Dinasti Keempat, menyaksikan pembangunan piramida pertama. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini