Sukses

Merah Putih Setengah Tiang, Bentuk Empati Warga Kobar bagi QZ8501

Pemkab Kobar menginstruksikan kepada seluruh warganya agar menaikkan Bendera Merah Putih setengah tiang untuk korban AirAsia QZ8501.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Musibah pesawat AirAsia QZ8501 menyedot perhatian masyarakat nasional dan internasional. Burung besi tiper Airbus A320-200 itu hilang kontak sejak Minggu 28 Desember 2014. Meski secara garis besar, titik hilang kontak sudah dapat dipastikan, yakni di dasar laut sekitar Selat Karimata, secara nyata badan pesawat dan sebagian besar penumpangnya belum ditemukan.

Duka tak hanya disampaikan Indonesia, tetapi juga dari masyarakat internasional. Pernyataan duka cita silih berganti disampaikan terhadap pesawat yang membawa 155 penumpang plus 7 kru kabin itu.

Pangkalan Bun ditunjuk ‎menjadi Posko Utama Pencarian dan Evakuasi Pesawat AirAsia QZ8501. Kota tersebut secara administrasi berada di bawah Pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Untuk memperingati musibah AirAsia QZ8501, Pemkab Kobar pun menginstruksikan kepada seluruh warganya agar menaikkan Bendera Merah Putih setengah tiang. Itu dilakukan sebagai bentuk empati masyarakat pada musibah ini.

"(Bendera setengah tiang) itu sebagai bentuk Kotawaringin Barat berduka. Itu saya instruksikan kepada seluruh camat agar secara tertulis melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang," kata Bupati Kobar Ujang Iskandar di RSUD Imanuddin, Kalimantan Tengah, Minggu (4/1/2015).

Pantauan Liputan6.com, sepanjang jalan dari Lanud Iskandar Pangkalan Bun sampai ke Pelabuhan Panglima Utar Kumai, rumah-rumah warga yang terdapat‎ tiang benderanya mengibarkan Bendera Merah Putih setengah tiang.

Tak cuma rumah-rumah, kantor-kantor pemerintahan di Pemkab Kobar maupun sarana-sarana kesehatan dan pendidikan juga turut mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini