Sukses

DVI Targetkan Identifikasi 12 Jenazah Korban AirAsia Hari Ini

Dengan rincian, 6 jenazah akan diperiksa pagi ini dan 6 jenazah lagi akan dilakukan sore ini.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigjen Pol Dr Arthur Tampi, datang ke posko Ante Mortem di Mapolda Jawa Timur guna melakukan koordinasi terkait 12 jenazah yang telah diterima semalam di RS Bhayangkara, Surabaya.

Menurut Arthur, hari ini identifikasi jenazah mulai dikebut. Dengan rincian, 6 jenazah akan diperiksa pagi ini dan 6 jenazah lagi akan dilakukan sore ini.

Selain mengidentifikasi 12 jenazah tadi, ia juga akan memimpin rapat rekonsiliasi yang akan menentukan hasil identitifikasi 10 jenazah kemarin. Rapat rekonsiliasi akan menguatkan identitas jenazah itu.

"Di samping itu jam 10 ini ada rekonsiliasi hasil periksa jenazah kemarin. Nanti kita akan jelaskan yang sudah teridentifikasi. 12 yang diperiksa itu yang kemarin datang. Yang akan diumumkan yang sebelumnya. Yang 12 datang itu yang kita laksanakan. Pagi sampai siang," beber Brigjen Arthur di Mapolda Jatim, Minggu (4/1/2015).

Arthur menjelaskan, kondisi jenazah kini sudah sulit dilihat secara visual. Air laut membuat jenazah rusak. Meski begitu, pihaknya optimistis bisa mengenali korban dengan data primer. Yaitu mulai sidik jari, sidik gigi dan terakhir DNA. Kekhawatiran soal jenazah tidak lagi bisa dibaca oleh data primer pun dibantah Arthur.

"Ada yang lebih ahli DNA. Yang kita cari inti sel. Kalau jaringan sudah rusak, kita bisa dapatkan dari sumsum tulang. Dari situ nanti direkonsiliasi, teridentifikasi atau tidaknya. Tapi semakin hari, kondisi jenazah memang semakin rusak," jelas Arthur.

Dari 30 jenazah yang berhasil dievakuasi baru 6 jenazah teridentifikasi. Saat ini, 6 jenazah itu juga sudah diserahkan pada pihak keluarga. Berikut nama-nama dari jenazah yang telah diserahkan keluarga:

1. Hayati Lutfiah Hamid (40) warga Jalan Mpu Nala, Sidoarjo
2. Grayson Herbert Linaksita (11) warga Jalan Lebak Indah Mas, Surabaya.
3. Khairunnisa Haidar Fauzi (22) warga Kecamatan Kemuning, Palembang.
4. Kevin Alexander Sutjipto (20) warga Sukun, Malang.
5. Themeji Theja Kusuma (44) warga Kupang Indah, Surabaya
6. Hendra Gunawan Sawal (23) warga Gundih, Bubutan, Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini