Sukses

Arus Balik Libur Tahun Baru, Puncak Macet Hingga Cianjur

Kepadatan yang sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB itu hanya terjadi pada satu jalur saja‎ yakni dari arah Puncak menuju Jakarta.

Liputan6.com, Bogor - Arus balik kendaraan saat libur tahun baru di kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat terjadi kepadatan. Ribuan kendaraan mengular hingga mencapai 10 kilometer (KM).

Pan‎tauan Liputan6.com, kepadatan sudah terjadi dari Pasar Cisarua hingga Cipanas, Kabupaten Cianjur. Kepadatan yang sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB itu hanya terjadi pada satu jalur saja‎ yakni dari arah Puncak menuju Jakarta.

Untuk mengurai kemacetan arus kendaraan, jajaran satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah atau one way system. Rencananya pemberlakuan buka tutup jalur akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB.

Kepala Satlantas Polre Bogor, AKP Bramastyo Priyaji menyatakan pihaknya saat ini sedang menormalisasikan dua jalur terlebih dahulu. Kemudian kendaraan dari arah Jakarta menuju puncak didahulukan.

"Saat ini saya beserta Patwal penutup sudah bergerak dorong ke atas sebagai tanda proses one way ke bawah. Untuk mengurai kemacetan sekitar pukul 15.00 WIB sudah one way nantinya," ujar Bramastyo saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (1/1/2015).

Bramastyo mengimbau para pengendara untuk lebih bersabar dan tidak saling serobot serta menerobos jalur berlawanan. Kemudian juga tertib dan mentaati rambu-rambu lalu lintas. Sebab wilayah Puncak rawan terjadi kecelakaan.

"Karakter jalur Wilayah puncak ‎itu naik turun, jadi jika hujan jalan bisa saja menjadi licin sehingga berbahaya bagi pengendara. Untuk itu, tetap hati-hati dan waspada. Jika mengantuk bisa langsung menepi dan beristirahat terlebih dahulu," imbau dia. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.