Sukses

4 Jenazah Korban AirAsia QZ8501 Diterbangkan ke Surabaya

Keempat jenazah korban AirAsia QZ8501 merupakan hasil evakuasi yang berhasil dilakukan tim sejak Rabu malam 31 Desember 2014.

Liputan6.com, Pangkalan Bun - Petugas SAR gabungan menerbangkan 4 jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501 dari Pangkalan Bun menuju Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur untuk kemudian diidentifikasi di RS Bhayangkara Surabaya, Jatim.

Keempat jenazah merupakan hasil evakuasi yang berhasil dilakukan tim sejak Rabu malam 31 Desember 2014 hingga Kamis pagi ini.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (1/1/2015) 4 jenazah tiba di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah sekitar pukul 10.04 WIB. Keempat mayat dibawa menggunakan 4 ambulans berbeda, di antaranya milik Lanud Iskandar, Basarnas, Dinas Kesehatan, dan milik swasta.

Setelah tiba di halaman parkir, puluhan petugas dari TNI, PMI, Basarnas, dan Polri mendekati mobil jenazah sesuai posisi yang sudah ditentukan. Satu per satu jenazah kemudian dikeluarkan dari mobil.

Seluruh jenazah lalu dimasukkan ke dalam peti berwarna putih. Setiap peti diberi nomor masing-masing 003, 004, 005, dan 006. Petugas lalu membawa jenazah ke pesawat Hercules yang sudah siaga sejak Rabu malam.

Keempat jenazah merupakan hasil evakuasi yang dilakukan sejak semalam. 2 Jenazah berhasil dievakuasi melalui Pelabuhan Kumai, sedangkan 2 lainnya dievakuasi menggunakan helikopter Bell milik TNI AL melalui Pangkalan Bun.

Setelah dievakuasi, seluruh jenazah dibawa ke RSUD Sultan Imanuddin untuk diidentifikasi dan diambil data postmortem. Setelah itu, jasad korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 dimasukkan kembali ke dalam peti untuk diterbangkan ke Surabaya, Jatim.

Total sudah 8 jasad penumpang pesawat AirAsia QZ8501 yang berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh tim gabungan SAR.  2 jenazah sudah di Surabaya, 4 jenazah di RSUD Sultan Imanuddin, 2 jenazah masih di kapal TNI AL.  (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.